Pemborosan APBD: Berikut Lima Kabupaten dengan Rasio Belanja Operasional Tertinggi se Jawa Timur 2023

Mauli.id. Surabaya – Pemborosan APBD telah menjadi isu yang signifikan dalam pengelolaan keuangan daerah. Pada APBD Kabupaten di Jawa Timur tahun 2023, terdapat lima kabupaten yang menonjol dengan rasio belanja operasional tertinggi. Hal ini menimbulkan kekhawatiran dan perlu mendapat perhaitan lebih serius.

Kabupaten-kabupaten yang masuk dalam daftar tersebut adalah pertama Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bondowoso, Ketiga Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Jember, dan kelima Kabupaten Lumajang.

Dengan melihat rasio belanja operasional mereka yang tertinggi, perlu mendapat perhatian serius terkait kebijakan pengeluaran dan belanja yang diterapkan oleh pemerintah daerah.

Apakah pemborosan tersebut disebabkan oleh kurangnya pengawasan, kebijakan yang tidak efektif, ataukah ada faktor lain yang memengaruhi alokasi dana di daerah-daerah ini.

Mengacu pada Permenkeu Nomor 231/PMK.07/2020. Belanja operasional merupakan pengeluaran anggaran yang ditujukan untuk mendukung kegiatan rutin Pemerintah Daerah dalam satu periode akuntansi.

Dalam hal ini, Oreintasi belanja rutin tidak berorientasi pada kebutuhan masyarakat, tetapi untuk kebutuhan belanja rutin organisasi pemerintah. berikut Sebagaimana visual data dari kelima kabupaten tersebut:

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sebelum
tinggalkan halaman

Mauli.id diperkuat oleh jaringan dan tim profesional, pengembang, analis, dan tim editor yang butuh dukungan untuk bisa memproduksi konten secara rutin.

Artikel Terbaru