Total Rata-rata Gaji dan Tunjangan ASN se Jawa Timur 2022, Surabaya Tertinggi dan Banyuwangi Terendah

Mauli.id -Pemerintah daerah di Indonesia memiliki tanggung jawab untuk menentukan gaji yang pantas untuk para ASN (Aparatur Sipil Negara) di daerah mereka. Gaji ASN diatur oleh kebijakan anggaran belanja pegawai yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Total gaji ASN dalam setahun tidak sama, hal ini tidak lepas karena faktor kebijakan fiskal daerah. Di sisi lain, besaran gaji ASN juga tidak lepas karena kondisi ekonomi daerah masing-masing.

Oleh karena itu, data rata-rata gaji PNS di berbagai daerah di Indonesia selalu menarik untuk dikaji dan dibandingkan. Hal ini dapat memberikan gambaran tentang kondisi ekonomi dan tingkat kesejahteraan para ASN.

Dengan ringkas, data di atas menunjukkan rata-rata gaji PNS di berbagai daerah di Jawa Timur pada tahun 2022. Kota Surabaya menempati peringkat pertama dengan rata-rata gaji ASN sebesar Rp241.5 juta. Sedangkan daerah dengan rata-rata gaji ASN terendah adalah Kabupaten Banyuwangi dengan Rp112.6 juta.

Kota Malang, yang dikenal sebagai kota pendidikan, menempati posisi ke-13 dengan rata-rata gaji ASN sebesar Rp146.3 juta. Sementara itu, Kota Batu, yang juga berada di wilayah Malang Raya, menempati posisi ke-21 dengan rata-rata gaji PNS sebesar Rp140.6 juta.

Daerah lain yang menarik perhatian adalah Kabupaten Gresik yang menempati peringkat ke-10 dengan rata-rata gaji PNS sebesar Rp150.2 juta. Kabupaten Probolinggo juga menarik perhatian karena meskipun hanya menempati peringkat ke-20, namun memiliki rata-rata gaji PNS yang cukup tinggi yaitu sebesar Rp141.2 juta.

Data rata-rata Gaji di atas merupakan hasil dari penjumlahan antara Belanja Pegawai dalam APBD 2022 dan jumlah ASN di masing-masing daerah, Termasuk di dalamnya adalah gaji ke 13 dan 14 (THR).

Belanja ini merupakan salah satu komponen pengeluaran yang cukup besar dalam APBD, karena jumlah PNS yang ada di suatu daerah dapat mencapai ribuan atau bahkan puluhan ribu orang.

Belanja Pegawai juga termasuk tunjangan-tunjangan lainnya, seperti tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, dan tunjangan khusus lainnya. Semua tunjangan ini diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Sebelum
tinggalkan halaman

Mauli.id diperkuat oleh jaringan dan tim profesional, pengembang, analis, dan tim editor yang butuh dukungan untuk bisa memproduksi konten secara rutin.

Artikel Terbaru